Sekilas Profil Operator KPJR (PT.KAI)

Sekilas Profil Operator Kereta Perawatan Jalan Rel Daop 2 Bandung

Panji Ibrahim merupakan Operator Kereta Perawatan Jalan Rel atau disingkat KPJR yang mulai bergabung di PT Kereta Api Pada tahun 2009. Di PT KAI Ia ditugaskan di daop 2 Bandung, sejak kecil ia sudah mengenal kereta api karena letak rumah dimana ia tinggal tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api. Sebenarnya ia tidak pernah bermimpi ingin bekerja di PT Kereta Api. Namun, seiring waktu setelah lulus dari sekolah menengah atas (sma) ia mencoba peruntungannya di PT Kereta Api Indonesia dengan mengikuti seleksi yang diadakan oleh PT KAI yang dibuka melalui online hingga ia pun akhirnya diterima di PT KAI. 

 Awal masuk di PT KAI ia di tempatkan di Unit Pelaksana Teknis Mekanik dan langsung ditugaskan untuk belajar menjalankan dan mengoperasikan KPJR bersama dengan para operator seniornya. Pertama kali ia ditugaskan di KPJR 2719/MTT 2719 GS dengan tipe kereta yang berfungsi untuk merawat dan memperbaiki geometri jalan rel yang memiliki gongsol/rel bantu ataupun tidak. Di Indonesia sendiri tipe KPJR ini hanya ada 2 unit yang sekarang berada di daop 2 Bandung, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana kerja KPJR yang ada di PT KAI ini karena KPJR ini sering sekali bekerja pada malam hari. Setelah beberapa tahun berjalan panji pun sudah mulai memahami dan bisa dalam menjalankan dan mengoperasikan KPJR.

 Hingga ia pun kini menjadi salah satu senior yang ada di UPT Mekanik daop 2 Bandung, Cara kerja dari Kereta yang ia operasikan pun juga sedikit unik karena Kereta ini bekerja dengan cara berjalan cukup pelan karena menyesuaikan dengan tiap-tiap bantalan yang berada di bawah rel. Kereta ini di lengkapi dengan 4 unit tamping/unit pecok, 4 buah roda troli dan 2 buah roll klem/ 2 buah roda penjepit yang berfungsi untuk menjepit dan mengangkat Rel sehingga ketika Relnya sudah terangkat maka 4 unit tamping/unit pecoknya akan turun untuk memasukan dan memadatkan batu balas yang ada di bawah bantalan.

Setelah beberapa tahun panji mengoperasikan mtt atau mesin pecok ia pun sempat beberapa bulan berpindah mesin ke PBR (Profil Ballast Regulator) atau mesin yang berfungsi untuk merapikan batu balas yang berada di sekitar jalan rel kereta api. Setelah dari mesin PBR ia pun berpindah lagi ke mesin TMC atau Track Machine Car. Mesin ini berfungsi untuk mengirim alat-alat atau material pendukung, seperti peralatan pengelasan, mengirim bahan bakar atau pun dipakai untuk menarik rel. Setelah ia mengoperasikan beberapa mesin yang ada di daerah operasi 2 Bandung ia pun mendapatkan panggilan untuk ikut bergabung dalam proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Sehingga ia mengikuti beberapa training atau pelatihan yang di adakan oleh KCJB itu sendiri. Hingga hari ini ia pun masih menunggu surat pemanggilan tugas untuk diperbantukan di KCJB. 

Begitulah sekilas tentang profil Panji Ibrahim salah satu pegawai Kereta Api yang bertugas sebagai Operator Kereta Perawatan Jalan Rel yang ada di Daerah Operasi 2 Bandung.

Untuk tulisan selanjutnya saya akan mengulas Operator Kereta Perawatan Jalan Rel yang lainnya yang berada di daerah operasi 2 Bandung.

Panji Ibrahim

0 Response to "Sekilas Profil Operator KPJR (PT.KAI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel